Friday, March 29, 2013

Stereotypes

Pernah satu pagi gua masuk ke sekolah, naruh tas terus gabung ngobrol sama temen-temen gua. Ada rumor yang bilang kalo Ahmad Dhani itu seorang Yahudi. Mereka nunjukkin berbagai 'bukti' kayak lambang panggung, atribut dan segala macamnya. Gua duduk dan mikir, 'terus kenapa?' ini masalahnya; gua nggak ngerti kenapa itu jadi masalah. Kalo Ahmad Dhani itu Yahudi, terus sekali lagi, secara harfiah, kenapa? Dia nggak kentut di depan orang lansia karena nikmatin ekspresi mereka waktu menderita, ngerampok bank bareng Jesse Eisenberg atau ngelakuin sesuatu yang ngerugiin orang lain. Gua nggak bilang kalo rumor tentang dia sebagai Yahudi itu bener, tapi selama dia nggak nyakitin orang lain, kenapa itu jadi masalah?

Apa semua pria bersorban make rompi bom waktu di balik gamis mereka? Apa semua orang kulit hitam nodongin pistol dan jualan kokain? Apa semua orang Jerman muja-muja Hitler? Nggak. Gua muslim, dan gua benci waktu Islam diasosiasikan sama terorisme. Terus kenapa ngelakuin hal yang sama ke stereotipe lain? Temen gua make make-up sama baju dua size kekecilan di kelas, nggak berarti dia mangkal di pinggir jalan tiap malem ngacungin jempol sama tiap mobil yang lewat.

Di pikiran gua, kita seharusnya nggak mendefinisikan seseorang berdasarkan hal-hal yang umum. Kita seharusnya mendefinisikan mereka berdasarkan siapa mereka sesungguhnya. Orang teroyot di kelas bisa aja jadi Stephen Hawking kedua (tanpa kursi roda sama penyakitnya, maksud gua), orang yang keliatannya biasa aja dan normal bisa jadi pembunuh berantai kalo malem, orang yang pendiem dan nggak pernah ngomong bisa aja jadi Freddy Mercurie kedua. Kenapa kita gampang banget ngasih label? Gua cuma mikir; kita nggak bisa nge-judge satu individu berdasarkan hal umum yang dilakuin kelompok mereka. Semua orang beda. Kembar sekalipun.

Dan selama mereka nggak nyakitin atau ngerugiin orang lain, kenapa kita nggak bisa nerima mereka apa adanya? Jadi temen lo percaya dirinya keturunan Rambo dan bakalan mimpin ras manusia ngelawan alien yang nginvasi bumi tahun 2015, atau ada temen lo yang cinta mati sama Justin Bieber atau SM*SH, terus kenapa? Suka-suka dia. Hidup dia, pilihan dia. Bukan kita yang punya hak buat ngurusin.

Menurut gua, kita seharusnya nggak buat orang lain ngerasa perlu malu karena mereka nggak bisa bawa mobil, gambar kayak orang kidal dipaksa make tangan kanan, atau nyanyi tapi suaranya kayak kentut. Semua orang harusnya nyaman buat ngelakuin hal yang mereka mau, sekali lagi, asal nggak nyakitin atau ngerugiin orang lain. Jadi kenapa kalo Ahmad Dhani Yahudi? Atau Nicki Minaj keliatan serem banget di video klipnya? Dia, dia, gua, gua.

Yang gua coba bilang adalah; sebaiknya jangan nge-judge orang lain atas latar belakang atau hal yang mereka perbuat. Hidup adalah hidup mereka, pilihan adalah pilihan mereka, mereka yang punya hak sepenuhnya atas setiap langkah yang bakalan mereka ambil.

Dan gua seharusnya nggak make kata 'kita seharusnya', lo bebas ngelakuin apa yang lo mau. Lo, lo, gua, gua.

1 comment: